Monday, December 7, 2015

Belajar Di Rumah Bersama Orangtua

Bagaimana belajar yang efektif bersama orangtua di rumah? Itulah pertanyaan yang sering masuk kepada penulis. Sebenarnya tidak ada yang baku tentang cara dan tips belajar yang efektif di rumah. Setiap orangtua biasanya memiliki cara metode yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan anak-anaknya. Cara belajar bersama anak-anak di rumah harus disesuaikan dengan keadaan anak dan kesediaan orangtua untuk memberikan banyak waktu kepada anak-anaknya. 

Nah, menyediakan waktu berarti totalitas ketika di rumah harus bersama anak-anak. Simpan dan tinggalkan semua peralatan semacam tablet atau smartphone di tempat yang jauh. Barulah kemudian belajar bersama-sama dengan anak. 

Inilah beberapa tips yang bisa dijadikan rujukan untuk mengajak anak belajar di rumah.

1. Sediakan Buku Pelajaran Penunjang
Buku pelajaran penting untuk menjadi referensi orangtua dalam mengajar anaknya. Ada banyak buku yang dijual si toko buku. Sesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari anak di sekolah agar tetap selaras antara sekolah dan rumah.

2. Siapkan Papan Tulis
Anda bisa memilih berbagai jenis papan tulis sesuai kebutuhan di rumah. Papan tulis berwarna putih atau hitam atau hijau atau apapun yang penting saat digunakan, anak nyaman melihatnya dan anda bisa menulis di papan tulis tersebut dengan baik.

3. Review atau Ulas Kembali Materi Yang Sudah dipelajari.
Review dibutuhkan untuk mengukur capaian yang sudah didapat selama belajar di rumah. Review bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tidak harus konvensional seperti test pada umumnya. Anda bisa mengemas review dalam bentuk kemasan yang menarik seperti tata letak yang dibuat artistik.

Itulah tiga tips mendampingi belajar anak di rumah. Semoga capaian pendidikan anak-anak anda bisa semakin baik saat kita berhasil menyelaraskan antara rumah dan sekolah. Selalu lakukan komunikasi yang baik dengan guru di sekolah tentang perkembangan anak anda. Kita tak pernah tahu perkembangan yang mengejutkan saat anak-anak tidak bersama orangtuanya.


7 comments: